Macam Cara Unik Penyajian Kopi

Habis merenung karena bingung mau nulis sesuati akhirnya dapat ilham juga :D. Mungkin kali saya pengen berbagi suatu hal yang mungkin sebenernya tidak terlalu expert juga dalam bidang ini. Yaitu masalah penyajian kopi dan rasa yang dihasilkan.

Kalau mungkin ada yang salah ya mohon maaf 😀 dan mungkin saran dari reader amat sangat diharapkan sekali *lebay :D. Karena semua yang salah tulis ini adalah dari pengalaman pribadi saya. Berikut masalah model penyajian ada beberapa yang saya ketahui.

  • Model Tubruk

    Seperti yang sering kita lihat dan buat ini adalah model pembuatak kopi yang cukup sederhana. Yaitu dengan mencampurkan bubuk kopi dengan air panas. Dengan model ini, rasa yang dihasilkan strong enough.
  • Model Pour Over


    Model ini membutuhkan alat seperti corongan yang diberi filter. Dimana kopi detempatkan diatas corongan yang telah diberi filter dan kemudian dituangkan air panas diatasnya. sehingga kopi menetes di gelas yang berada dibawahnya. Dengan model ini, rasa yang dihasilkan mild.

  • Model French Press

    Model ini membutuhkan alat seperti gelas yang diatasnya ada alat press yang mana ujung press nya ialah filter untuk memisahkan antara serbuk kopi dengan kopi yang tanpa ampas. Cara kerjanya cukup sederhana yaitu seperti kita membuat kopi tubruk di gelas khusus tersebut kemudian ditutup dengan alat press nya kemudian kita press maka antara ampas dengan sajian kopinya akan terpisahkan oleh filternya. Dengan model ini, rasa yang dihasilkan strong.
  • Model Syphon Style

    Model ini menurut saya seperti percobaan kimia pas SMA 😀 . Disini ada 2 tabung yang tersambung. Yang mana tabung yang bawah adalah tabung vakum yang tersambung dengan tabung atasnya oelh sebuah pipa. Tabung yang bawah adalah tempat air dan yang atas adalah kopinya. Cara kerjanya cukup unik yaitu air yang ditabung bawah dipanaskan yang mana air akan naik ke atas ke tabung yang ada bubuk kopinya. Stelah air naik ke atas kemudian kita aduk kopi yang di tabung atas. Antara tabung tersebut ada filter untuk memisahkan air dengan ampas kopinya. Setelah kita aduk rata, kemudian kita matikan apinya dan campuran kopi dan air yang ditabung atas akan masuk kembali ke tabung yang bawah dan kopi siap dihidangkan. Model penyajian ini menghasilkan rasa yang mild.

Mungkin itu yang bisa saya share  semoga bermanfaat. :)

Sumber Gambar : Google.com
Sumber Materi : Pengalaman

3 thoughts on “Macam Cara Unik Penyajian Kopi”

Beri komentar...